Penulis Utama : Guntur Rio Diyansyah
NIM / NIP : K5113037
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh media numicon terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunanetra kelas III di SLB A YKAB Surakarta. Penelitian ini menggunakan subjek tunggal atau single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes bentuk pilihan ganda. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa tunanetra kelas III di SLB A YKAB Surakarta. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, dengan disertai analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata nilai subjek pada  fase baseline 1 (A1) adalah 30. Pada fase intervensi (B) subjek mendapat rata-rata nilai 75. Dan pada fase baseline 2 (A2) subjek mendapat rata-rata nilai 97,5. Adapun hasil analisis visual data yang diperoleh pada setiap fase baseline 1 (A1), fase intervensi (B), dan fase  baseline 2 (A2) subjek memiliki tingkat kestabilan tinggi dan kecenderungan arah meningkat atau naik.

Kesimpulan  penelitian ini adalah media numicon berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunanetra kelas III di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : pengaruh, tunanetra, prestasi belajar matematika, numicon

 

×
Penulis Utama : Guntur Rio Diyansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113037
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Media Numicon Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunanetra Kelas III di SLB A Ykab Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Luar Biasa-K5113036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Maryadi, M.Ag.,
2. Sugini, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.