Penulis Utama : Muflikhatun Nisa Muyassaroh
NIM / NIP : S891508023
×

Penelitian   ini   ditujukan   untuk   mengidentifikasi   persepsi   guru   dan prosedure penggunaan komik manga untuk mengajar writing. Hal ini juga mempelajari masalah-masalah untuk mengimplementasikan komik manga dalam mengajar writing dan pemecahan masalah terkait.
Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif yang menggunakan rancangan studi kasus tunggal. Kasusnya adalah implementasi atau penggunaan komik manga dalam mengajar writing. Secara keseluruhan, sejumlah 30 siswa direkrut sebagai partisipan dan satu guru Bahasa Inggris dalam penelitian ini. Data dikoleksi melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk validasi data, peneliti menerapkan triangulasi, member-checking, dan external auditing.
Berdasarkan hasil analisis, ada beberapa temuan penting sebagai berikut. Pertama, pemahaman guru berpadu dengan baik dengan kecenderungan dan psikomotor  guru  untuk  menerapkan  komik  manga  dalam  mengajar  writing. Kedua,  baik  guru  maupun  siswa-siswinya  menerapkan  komik  manga  dan menjalani  serangkaian  tahapan  dalam  kelas  writing.  Itu  menyebabkan  murid- murid mendapatkan latihan lebih yang menyenangkan dan menghasilkan capaian yang lebih baik. Ketiga, untuk menerapkan komik manga dalam mengajar writing, baik   guru   maupun   siswa-siswinya   menghadapi   beberapa   maalah.   Namun demikian, masalah tsb dapat diantisipasi dan dipecahkan kemudian.
Bisa disimpulkan bahwa penerapan komik manga dalam mengajar writing bisa  efektif  ketika  guru  memahami  betul  bagaimana  menggunakannya  untuk siswa-siswinya dengan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan masalah dan pemecahannya. Maka, untuk mengembangkan penerapan yang lebih baik, peneliti menyarankan guru menyediakan komik manga yang lebih beragam yang berkaitan dengan topik-topik dan latihan-latihan yang menyeluruh untuk siswa- siswi.  Lebih  jauh  lagi,  peneliti  merekomendasikan  untuk  peneliti  yang  akan datang menginvestigasi kasus yang lebih banyak dalam beberapa kelas writing yang menggunakan komik manga.

Keywords: Komik Manga, Mengajar Writing, Persepsi Guru, Tahapan Mengajar

×
Penulis Utama : Muflikhatun Nisa Muyassaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891508023
Tahun : 2019
Judul : The Implementation of Manga Comics in Teaching Writing (A Case Study at SMK Karya Nugraha in the Academic Year of 2017/ 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Bahasa Inggris-S891508023-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Asib, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.