Penulis Utama : Hawinda Dwi Pamungkas
NIM / NIP : F3114032
×

ABSTRAK


Sesuai peraturan baru mengenai sertifikat V Legal untuk hasil kehutanan khususnya kayu, yang berlaku pada tahun 2016 bahwa semua produk kayu dan turunannya apabila akan diekspor keluar negeri harus memenuhi syarat SVLK. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui mekanisme pembuatan dan persyaratan untuk mendapatkan dokumen V Legal pada peusahaan export license dan freight forwarder serta cara meningkatkan efisiensi biaya V Legal bagi para pelaku eksportir. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptrif, dengan menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dengan pihak yang terkait, observasi di PT Andalan Pacific Samudra dan studi pustaka.

Berdasarkan penelitian mekanisme pembuatan dokumen V Legal pada perusahaan export license melalui PT Andalan Pacific Samudra, para pelaku eksportir produk kayu harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut diserahkan kepada PT Andalan Pacific Samudra, yang kemudian melakukan pengecekan pada dokumen tersebut. Proses pengecekan antara dokomen dengan barang yang akan diekspo rharus sesuai. Selanjutnya dokumen diserahkan kepada perusahaanexport license yaitu PT Tandhon, proses terakhir yaitu menyerahkan dokumen kepada perusahaan penerbit SVLK yaitu PT Inti Multima dokumen sesuai dengan keadaan produk maka SVLK dapat diterbitkan dan digunakan sebagai dokumen pendukung untuk melakukan eskpor kenegara tujuan. Cara untuk meningkatkan efisiensi biaya V Legal adalah dengan adanya penetapan harga dan menyederhanakan persyaratan pembuatan V Legal.

Saran yang dapat diberikan penulisan dalam meningkatkan efisiensi biaya V Legal pada perusahaan export license adalah dengan adanya penetapan harga yang sama dan standar bagi para perusahaan export license, serta persyaratan yang lebih kompleks dan tidak meluas sehingga para eksportir produk kayu tidak kesulitan dalam memperoleh dokumen tersebut.

Kata kunci: Efisiensi, V Legal, Export License. 

 

×
Penulis Utama : Hawinda Dwi Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114032
Tahun : 2017
Judul : Efisiensi Biaya V Legal pada Perusahaan Non Export License (Studi Kasus Pt Andalan Pacific Samudra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi Dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : NS-Fak Ekonomi Dan Bisnis-Prodi Manajemen Perdagangan-F3114032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ana Shohibul Manshur Al Ahmad SE., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.