Penulis Utama : Indah Solekhati
NIM / NIP : F3114034
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbaikan dokumen manifest (redress manifest) terhadap custom clearance oleh PT Arindo Jaya Mandiri Semarang. Redress manifest merupakan perbaikan data BC 1.1 yang dilakukan terhadap kesalahan pada data BC 1.1 yang telah dilaporkan pada saat kedatangan sarana pengangkut. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data primer penulis dapatkan dari wawancara secara langsung dengan manager dan staff PT Arindo Jaya Mandiri, sedangkan data sekunder penulis dapatkan dari studi pustaka beberapa buku yang berhubungan dengan tema.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan penulis antara lain beberapa penyebab terjadinya kesalahan manifest impor yaitu: tulisan yang salah ketik, terbatasnya karakter pada PDE, ketidaktelitian beberapa pihak, dan kurangnya komunikasi beberapa pihak. Cara penanganan kesalahan manifest impor yaitu dengan mengajukan permohonan redress manifest kepada bea cukai. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah persyaratan redress manifest yang sudah ditetapkan oleh bea cukai ternyata berbeda dengan persyaratan redrees manifest yang ditangani oleh PT Arindo Jaya Mandiri. PT Arindo Jaya Mandiri sebagai pihak perantara antara importir dan bea cukai sebaikanya memberi saran kepada Bea Cukai Tanjung Emas Semarang untuk memperbaharui peraturan permohonan redress yang diposting di web Bea Cukai Tanjung Emas Semarang agar tidak menyebabkan ketidakpahaman untuk kasus permohonan redress di kemudian hari.


Kata Kunci: Manifest, redress manifest, bea cukai, impor.

 

×
Penulis Utama : Indah Solekhati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114034
Tahun : 2017
Judul : Perbaikan Data Impor Bc 1.1 (Redress Manifest) terhadap Custom Clearance pada Perusahaan Freight Forwarder (Studi Kasus pada Pt Arindo Jaya Mandiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi Dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak EKonomi Dan Bisnis-Prodi Manajemen Perdagangan-F3114034-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Rahman Hakim, SE, M.Ec. Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.