Penulis Utama : Era Adi Sanjaya
NIM / NIP : F0213039
×

ABSTRAK


PENGARUH JOB STRESS TERHADAP SAFETY BEHAVIOUR DALAM PEKERJAAN DENGAN RESIKO TINGGI : PERAN MODERATOR EMOTIONAL INTELLIGENCE
(Studi pada Anggota BRIMOB dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota

Surakarta)
ERA ADI SANJAYA NIM. F0213039

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Job Stress pada Safety Participation. 2) Pengaruh Job Stress pada Safety Compliance. 3) Pengaruh   Emotional   Intelligence   pada   Safety   Participation.   4)   Pengaruh Emotional Intelligence pada Safety Compliance. 5) Emotional Intelligence memoderasi pengaruh Job Stress pada Safety Participation. 6) Emotional Intelligence memoderasi pengaruh Job Stress pada Safety Compliance. Populasi penelitian ini adalah anggota BRIMOB dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta dengan sampel sebanyak 156 anggota. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Propotional Random Sampling. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen berupa uji validitas dengan metode Confirmatory Factor Analysis dan uji reliabilitas dengan metode Cronbach’s Alpha. Untuk uji hipotesis peran moderasi menggunakan metode Hierarchical Regression Analysis dengan SPSS dan untuk hubungan langsung antar variabel menggunakan analisis Structural Equations Modeling dengan AMOS.

Hasil penelitian ini menunjukan. 1) Job Stress berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan pada Safety Participation. 2) Job Stress berpengaruh secara negatif dan signifikan pada Safety Compliance. 3) Emotional Intelligence berpengaruh secara positif dan signifikan pada Safety Participation. 4) Emotional Intelligence berpengaruh secara positif dan signifikan pada Safety Compliance.
5)   Emotional Intelligence tidak memoderasi pengaruh Job Stress pada Safety
Participation. 6) Emotional Intelligence memoderasi pengaruh Job Stress pada
Safety Compliance.

Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan yaitu jumlah sampel responden belum bisa menggambarkan kondisi secara umum dan metode pengambilan data yang terbatas melalui kuesioner saja. Sehingga diharapkan ada perbaikan dalam penelitian selanjutnya.

 

Kata Kunci    : Job Stress, Emotional Intelligence, Safety Participation, Safety
Compliance

×
Penulis Utama : Era Adi Sanjaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0213039
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Job Stress Terhadap Safety Behaviour Dalam Pekerjaan Dengan Resiko Tinggi : Peran Moderator Emotional Intelligence (Studi pada Anggota BRIMOB dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. Manajemen - F0213039-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Salamah Wahyuni, SU
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.