Penulis Utama : Rio Rusman
NIM / NIP : S981602004
×

Latar belakang: sebagian besar pasien keganasan yang dilakukan radioterapi dengan atau tanpa kemoterapi disertai dengan hipoalbuminemia dan kerusakan ginjal, terutama keganasan regio pelvis. Human albumin telah dikenal memiliki efek nefroprotektif. Ekstrak ikan gabus, salah satu sumber albumin preparat oral, dapat menjadi alternatif yang efektif dan lebih murah untuk mengurangi resiko kerusakan ginjal pada keganasan.
Tujuan: menganalisis pengaruh pemberian ekstrak ikan gabus terhadap kreatinin serum dan albumin serum pada pasien radioterapi.
Metode: penelitian ini dilakukan pada pasien yang menjalani radioterapi, yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok kontrol diberikan placebo dan kelompok perlakuan diberikan ekstrak ikan gabus. Kadar albumin, ureum dan kreatinin serum diperiksa sebelum dan sesudah perlakuan.
Hasil: pada kedua kelompok terjadi penurunan albumin serum, walaupun penurunan pada kelompok perlakuan lebih banyak, tetapi perbedaan ini tidak bermakna. Kadar ureum dan kreatinin serum pada kelompok perlakuan terjadi penurunan, sedangkan pada kelompok kontrol terjadi peningkatan, tetapi perbedaan ini tidak bermakna.
Kesimpulan: tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan ekstrak ikan gabus pada kadar albumin serum, ureum serum, dan kreatinin serum pada pasien yang menjalani radioterapi.

Kata kunci: ekstrak ikan gabus, radioterapi, albumin, ureum, kreatinin

 


 

×
Penulis Utama : Rio Rusman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981602004
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pemberian Ekstrak Ikan Gabus Terhadap Kreatinin Serum Dan Albumin Serum Pada Pasien Radioterapi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif-S981602004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Purwoko, Sp.An., KAKV., KAO.
2. dr. Muh. Husni Thamrin, Sp.An., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.