Penulis Utama : Ivan Asrony
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113047
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Tunagrahita Kelas V di SLB ABC Tawangsari Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Luar Biasa -K5113047-2017
Subyek : EFEKTIVITAS, MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH, PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA, SISWA TUNAGRAHITA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Tunagrahita kelas V di SLB ABC Tawangsari Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-experimental berbentuk one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas V di SLB ABC Tawangsari tahun ajaran 2016/2017. Sampel berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 1 siswi perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes menjodohkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS 23.

Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 23, nilai rata-rata posttest subyek penelitian mengalami peningkatan. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar daripada nilai pretest yaitu 40.00 menjadi 66.66. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.271 dengan Asymp. Sig (2-tailed) = 0.027 pada taraf signifikansi (a) 5%. Dengan demikian hipotesis berbunyi model pembelajaran make a match efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tunagrahita kelas V di SLB ABC Tawangsari tahun ajaran 2016/2017 dapat diterima kebenarannya. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran make a match efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tunagrahita kelas V di SLB ABC Tawangsari tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci:  Efektivitas, Model pembelajaran make a match, prestasi belajar matematika, siswa tunagrahita.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
IVAN A.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Priyono, S.Pd, M.Si,
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd, M.Pd,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP