Penulis Utama : Heri Susanto
NIM / NIP : E0012184
×

Penelitian  ini  mendeskripsikan  dan  mengkaji  permasalahan,  pertama
Apakah  pelaksanaan  transaksi  jual  beli  secara  online  melalui  jasa  rekening bersama telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia. Kedua, Bagaimana perlindungan hukum para pihak penjual dan pembeli pada transaksi jual beli secara online apabila jasa rekening bersama Blackpanda Kaskus melakukan wanprestasi.
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Jenis data sekunder meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan dengan wawancara dengan korban pengguna Jasa Rekening Bersama Blackpanda Kaskus dan studi kepustakaan, selanjutnya teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh penulis antara lain : (1) Transaksi jual beli secara online melalui jasa Rekening Bersama telah memenuhi syarat sahnya perjanjian yakni kesepakatan, kecakapan, suatu hal tertentu, dan sebab yang halal. Walaupun berdasarkan Undang-Undang   Nomor   11   Tahun   2008   tentang Informasi   dan   Transaksi   Elektronik Jasa Rekening Bersama Blackpanda di Kaskus gagal menjadi penyelenggara sistem elektronik secara handal dan aman karena telah melakukan wanprestasi yaitu tidak meneruskan sebagian uang yang
dititipkan oleh pembeli ke penjual. (2) Perlindungan hukum pada transaksi jual beli secara online melalui Rekening Bersama Blackpanda Kaskus berdasarkan Undang-undang perlindungan Konsumen No.8 Tahun 1999 belum dapat melindungi konsumen pengguna Jasa Rekening Bersama dari sisi transaksi dan jaminan secara yuridis penggunaan Jasa Rekening Bersama tersebut.

Kata  Kunci  :  Wanprestasi,  Transaksi  Jual  Beli  secara  Online,  Rekening
Bersama, dan Perlindungan Konsumen

 

 

×
Penulis Utama : Heri Susanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012184
Tahun : 2019
Judul : Analisa yuridis wanprestasi atas jasa rekening bersama pada transaksi jual beli secara online (studi kasus jasa rekening bersama blackpanda kaskus).
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum-E0012184-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Pujiono, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.