Penulis Utama : Mita Fujiyanti
NIM / NIP : K3313046
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberikan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Together  dikombinasikan dengan  Drill  and  Practice; (2)  perbedaan  prestasi belajar antara siswa yang memiliki keterampilan proses tinggi dan keterampilan proses rendah; dan (3) interaksi antara pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Together dikombinasi dengan Drill and Practice dengan keterampilan proses siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari 2 kelas siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, tes tertulis, angket dan observasi. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalan dengan desain faktorial 2x2 dan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dilakukan dengan menggunakan software SPSS 19.

Berdasarkan hasil penelitian pada materi hidrolisis garam kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberikan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Together dikombinasikan dengan Drill and Practice terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap siswa pada materi pokok hidrolisis garam kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta, tetapi tidak  terdapat  perbedaan  terhadap  aspek  keterampilan  siswa; (2)  terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki keterampilan tinggi dengan siswa yang memiliki keterampilan proses rendah pada aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan pada materi hidrolisis garam kelas XI MIA SMA Negeri  5 Surakarta; dan (3)  terdapat interaksi antara model  pembelajaran Learning Cycle 5E (Kelas Eksperimen I) dan Learning Together yang dikombinasikan dengan Drill and Practice (Kelas Eksperimen II) dengan keterampilan proses siswa terhadap prestasi belajar aspek keterampilan siswa pada materi pokok hidrolisis garam kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta, tetapi tidak terdapat interaksi terhadap aspek pengetahuan dan aspek sikap siswa.

Kata  kunci  :  Learning  Cycle  5E,  Learning  Together,  Drill  and  Practice, Keterampilan Proses, Prestasi Belajar.

×
Penulis Utama : Mita Fujiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313046
Tahun : 2018
Judul : Studi komparasi model pembelajaran learning cycle 5E dan learning together dikombinasikan dengan drill and practice terhadap prestasi belajar kimia ditinjau dari keterampilan proses siswa pada materi hidrolisis garam Kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Kimia-K3313046-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Endang Susilowati, S.Si., M.Si,
2. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.