Penulis Utama : Narita Dyah Arini
NIM / NIP : S991402013
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Think Pair Share dengan pendekatan saintifik berbantuan videoscribe dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 yang  berjumlah 35 orang, dan kelas X IPS 4 yang berjumlah 36 orang di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif, metode kombinasi yang digunakan adalah tipe convergen parallel mixed methods yaitu peneliti dalam waktu yang sama mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, menganalisis data secara terpisah, dan membandingkan hasilnya untuk mengetahui apakah temuan tersebut saling melengkapi atau tidak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share dengan pendekatan saintifik berbantuan videoscribe pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar kelas X IPS 1 dan 4 di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Hal ini ditandai dengan peningkatan keaktifan belajar di kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Sukoharjo yakni dari 66,84% sebelum memperoleh tindakan meningkat menjadi 72,44% setelah memperoleh tindakan pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 81,29% setelah memperoleh tindakan siklus II. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Sukoharjo yaitu 33,33% peserta didik lulus KKM sebelum memperoleh tindakan meningkat menjadi 68,57% peserta didik lulus KKM setelah memperoleh tindakan siklus I dan kembali meningkat menjadi 88,57% peserta didik lulus KKM setelah memperoleh tindakan siklus II. Peningkatan keaktifan belajar juga terjadi di kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Sukoharjo setelah penerapan model Think Pair Share dengan pendekatan saintifik berbantuan videoscribe dari 63,93% sebelum memperoleh tindakan menjadi 70,20% setelah memperoleh tindakan siklus I kemudian kembali meningkat menjadi 81,48% setelah memperoleh tindakan siklus II. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar peserta didik dari 13,88% peserta didik lulus KKM sebelum memperoleh tindakan menjadi 75,00% peserta didik lulus KKM setelah memperoleh tindakan siklus I dan meningkat kembali menjadi 91,67% peserta didik lulus KKM setelah memperoleh tindakan siklus II.

Kata Kunci: Think Pair Share, Pendekatan Saintifik, Videoscribe, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

×
Penulis Utama : Narita Dyah Arini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991402013
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Videoscribe untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA N 3 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Ekonomi-S991402013-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd
2. Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.