Penulis Utama : Silviana Valentin
NIM / NIP : I0115101
×

Pembangunan infrastruktur di dunia tidak akan pernah berhenti, karena infrastruktur adalah roda penggerak ekonomi bagi setiap negara. Sebagian besar pembangunan infrastruktur menuntut kualitas mutu beton yang tinggi untuk mendukung ketahanan bangunan tersebut, perbaikan untuk mendukung hal ini adalah dengan ditambahkannya pozzolan. Menuntut kebutuhan konsumen di pasar konstruksi membuat inovasi beton menjadi lebih berkembang, salah satunya adalah  penggunaan self compacting concrete. Pembuatan beton SCC membutuhkan FAS dan superplasticizer yang lebih banyak sehingga akan mempengaruhi pori pada beton dan berpengaruh terhadap nilai serapan dan penetrasi. Pada bangunan air seperti bendungan, basemen, tangki air dan dinding penahan tanah diperlukan beton yang kedap air, karena masuknya air ke dalam beton dapat menyebabkan korosi pada tulangan dan menurunkan masa layan beton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan metakaolin dan kadar maksimum metakaolin untuk meningkatkan kualitas beton terhadap nilai serapan dan penetrasi beton HSSCC.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental. Dalam penilitian ini pozzolan yang disubtitusikan adalah metakaolin sebesar 12,5%; 15%; 17,5%; 20% dan 22,5% sebagai subtitusi semen. Benda uji yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk silinder berdiameter 7,5 cm dan tinggi 15 cm. Pengujian serapan dilakukan dengan mengeringkan benda uji dengan cara dioven selama 24 jam untuk mendapatkan berat kering oven, dilanjutkan dengan merendam benda uji selama 10,5 menit dan 24 jam lalu ditimbang berat SSDnya. Pengujian Penetrasi dilakukan dengan memberikan air yang bertekanan sebesar 1 kg/cm2 selama 48 jam, 3 kg/cm2 selama 24 jam dan 7 kg/cm2 selama 24 jam untuk mengetahui kedalaman air dapat menembus beton. Dilanjutkan dengan menghitung laju aliran air selama 1 jam untuk menghitung koefisen permeabilitasnya.
Berdasarkan hasil penelitian metakaolin meningkatkan kualitas beton dengan menurunkan nilai serapan dan kedalaman penetrasi dengan mensubtitusi 15?ri kadar semen, metakaolin dapat menurunkan serapan sebesar 41% pada perendaman 10+0,5 menit, 20% pada perendaman 24 jam, dan kedalaman penetrasi sebesar 36% . Penambahan metakaolin akan menurunkan workability dari beton segar, tetapi masih memenuhi syarat beton memadat mandiri yang ditetapkan oleh EFNARC 2000 pada parameter pengujian fillingability dengan uji Slumpflow, V-funnel dan pada parameter passingability dengan uji L-Box.
Kata Kunci: beton mutu tinggi memadat mandiri, metakaolin, serapan, penetrasi, filling ability dan passingability.

 

×
Penulis Utama : Silviana Valentin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115101
Tahun : 2019
Judul : Kajian serapan dan penetrasi beton mutu tinggi memadat mandiri dengan variasi komposisi metakaolin dengan superplasticizer masterease 3029 kadar 1,9?ri berat binder
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog Studi Teknik Sipil-I0115101-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, ST, DEA,
2. Dr. Bambang Setiawan S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.