Penulis Utama : Normanita Shiddiq
NIM / NIP : K5113060
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media garis bilangan timbul untuk meningkatkan kemampuan mengurang dan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa tunanetra kelas IV SLB A YKAB Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa tunanetra kelas IV SLB A YKAB Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kemampuan mengurang dan menjumlahkan bilangan bulat. Fase baseline 1 (A1) subjek GD dan DW memperoleh rata-rata nilai 40, sedangkan subjek MP memperoleh 30. Rata-rata nilai tiap subjek pada fase intervensi (B) mengalami peningkatan yaitu subjek GD memperoleh rata-rata 75, DW memperoleh rata-rata nilai 65, subjek MP memperoleh rata-rata nilai 70. Fase baseline 2 (A2) subjek GD memperoleh 90, subjek DW memperoleh 86,67, subjek MP memperoleh rata-rata nilai 80.Kesimpulan dari penelitian ini adalah media garis bilangan timbul berpangaruh untuk meningkatkan kemampuan mengurang dan menjumlahkan bilangan bulat pada anak tunanetra kelas IV SLB A YKAB Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: pengaruh, tunanetra, bilangan bulat, media garis bilangan timbul.

 

×
Penulis Utama : Normanita Shiddiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113060
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Media Garis Bilangan Timbul untuk Meningkatkan Kemampuan Mengurang dan Menjumlahkan Bilangan Bulat Pada Siswa Tunanetra Kelas IV SLB A Ykab Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Luar Biasa-K8114007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si,
2. Sugini, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.