Penulis Utama : Novi Afriyani
NIM / NIP : H0813128
×

ABSTRAK

Kalimilk yang merupakan salah satu nama tempat makan yang berada di Yogyakarta, dan memiliki menu andalan berupa olahan susu sapi yang dipadukan dengan berbagai rasa. Kalimilk menjadi salah satu pelopor tempat minum susu yang nyaman dan juga modern membuat banyak konsumen terus berdatangan. Pelanggan yang berdatangan dari berbagai kalangan ini tidak jarang melakukan pembelian ulang produk susu Kalimilk. Banyaknya konsumen yang datang serta keinginan dan kebutuhan yang berbeda-beda, Kalimilk harus memahami konsumennya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk megetahui perilkau konsumen yang melakukan pembelian produk Kalimilk yaitu dengan mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan pembelian di Kalimilk Yogyakarta baik dari segi produk, harga, promosi, atau sering disebut dengan bauran pemasaran (marketing mix). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dan variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk susu Kalimilk di Yogyakarta.

Metode dasar penelitian ini  adalah deskripsi analisis. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu store utama Kalimilk di di jalan Kaliurang KM. 4.5 Yogyakarta. Metode penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Jumlah sampel ditetapkan adalah sebanyak 96 responden dengan menggunakan rumus untuk besaran populasi yang tidak diketahui besarnya. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis faktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 variabel yang dianalisis dapat disederhanakan menjadi 13 variabel dan tercakup dalam 3 faktor inti. Faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor kesesuaian produk yaitu dengan persentase varians sebesar 49,023%, faktor tempat dengan nilai persentase varians sebesar 12,450%, dan faktor promosi yang memiliki nilai persentase varians sebesar 8,585%. Sedangkan variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian ulang produk susu Kalimilk Yogyakarta dari masing-masing faktor inti yang terbentuk yaitu variabel keterjangkauan harga dari faktor kesesuaian produk, variabel kenyamanan tempat dari faktor tempat, dan variabel bonus dari faktor Promosi. Variabel dominan untuk keseluruhan variabel yang di teliti berdasarkan besarnya nilai faktor loading semua variabel adalah variabel bonus dengan nilai factor loading 0,876 variabel keterjangkauan harga dengan nilai factor loading 0,860, dan variabel media sosial dengan nilai factor loading sebesar 0,858.

 

×
Penulis Utama : Novi Afriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813128
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Produk Susu Kalimilk Di Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian-Prodi Agribisnis-H0813128-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Minar Ferichani, M.P
2. Mei Tri Sundari, S.P.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.