Penulis Utama : Sindhy Izza Widyani
NIM / NIP : F3314103
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari prosedur pengendalian internal piutang pelayanan kesehatan Badan Layanan Umum Daerah pada Puskesmas Gilingan Surakarta serta bagian – bagian yang terlibat didalamnya. Langkah yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan mengevaluasi prosedur pengendalian internal piutang pelayanan kesehatan BLUD dengan unsur – unsur sistem pengendalian internal antara lain adanya struktur organisasi yang tegas, sistem wewenang serta prosedur pencatatan yang memadai, praktik yang sehat dalam pelaksanaan fungsi serta adanya kesesuaian mutu karyawan.

Hasil dari evaluasi ini adalah ditemukannya beberapa kelebihan dan kelemahan pada sistem tersebut. Kelebihan tersebut adalah adanya struktur organisasi yang tegas, sistem otorisasi yang baik, prosedur pencatatan sistem akuntansi piutang non-kapitasi secara terinci, penggunaan formulir bernomor urut tercetak, pencocokan fisik antara kekayaan Puskesmas dengan catatan atasnya, persyaratan minimal bagi pegawai serta alternatif pelatihan peningkatan kompetensi kinerja. Kelemahan dari sistem tersebut adalah belum adanya ketentuan prosedur pemeriksaan mendadak, belum diterapkannya rotasi jabatan berkala, tidak adanya Dewan Pengawas serta kurang adanya sikap pro aktif pihak Puskesmas perihal penerimaan dana hasil klaim yang menyebabkan keterlambatan atas penerimaan dana.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran perencanaan atas pemeriksaan mendadak, rotasi jabatan berkala, pembentukan Dewan Pengawas serta perbaikan pola komunikasi atas prosedur penerimaan klaim piutang non-kapitasi.

Kata kunci : puskesmas, piutang pelayanan kesehatan, sistem pengendalian internal 

 

×
Penulis Utama : Sindhy Izza Widyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3314103
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Prosedur Pengendalian Internal Piutang Non-Kapitasi Pelayanan Kesehatan Blud pada Puskesmas Gilingan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi Dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi Dan Bisnis-Prodi Akuntansi-F3314103-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Hanggana, M.Si., Akt.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.