Penulis Utama : Shabrina Lini Khansa'
NIM / NIP : K1313067
×

Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction pada kegiatan pembelajaran materi relasi dan fungsi kelas VIII A SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 akan meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Data motivasi belajar diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran, sedangkan data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari hasil tes akhir tiap siklus. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 70% siswa motivasinya berada dalam  kategori tinggi dan 70% siswa minimal mencapai level 2 untuk setiap indikator pemahaman konsep matematika siswa.

Berdasarkan  hasil  observasi  diperoleh  bahwa  sebelum  dilakukan  tindakan persentase siswa dengan motivasi belajar berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 0%. Lalu pada siklus I meningkat sebesar 48,39% menjadi 48,39%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 35,48% menjadi 83,87%. Jika dibandingkan dengan pemahaman konsep matematika siswa sebelum dilakukan tindakan, maka berdasarkan hasil tes siklus II diperoleh bahwa persentase siswa dengan pemahaman konsep matematika minimal telah mencapai level 2 pada indikator menyatakan ulang suatu konsep terjadi peningkatan sebesar 42,40% yakni menjadi 70,97%. Untuk indikator  mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) terjadi peningkatan sebesar 31,34% yakni menjadi 74,42%. Untuk indikator memberi contoh dan non contoh suatu konsep terjadi peningkatan sebesar 34,57% yakni menjadi 77,42%. Untuk indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representatif matematis terjadi peningkatan sebesar 27,04% yakni menjadi 80,64%. Untuk indikator mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep terjadi peningkatan sebesar 27,77% yakni menjadi 74,20%. Untuk indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu terjadi peningkatan sebesar 63,83% yakni menjadi 70,97%. Untuk indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah terjadi peningkatan sebesar 35,25% yakni menjadi 70,96%.

Kata  kunci:  discovery learning, assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction, pemahaman konsep matematika, motivasi belajar.

×
Penulis Utama : Shabrina Lini Khansa'
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313067
Tahun : 2017
Judul : Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII A SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP Jur. Pendidikan Matematika-K1313067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.,
2. Yemi Kuswardi, S.Si, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.