Penulis Utama : Jatiningsih
NIM / NIP : S581302002
×

ABSTRAK

Pendahuluan : Vascular Endothelial Growth Factor-A (VEGF-A) adalah growth factor yang menstimulasi perkembangan vaskular, menginduksi diferensiasi, proliferasi dan migrasi sel endotel yang berkonstribusi dalam pembentukan pembuluh darah melalui vaskulogenesis dan angiogenesis. Telah berkembang penelitian tentang pemanfaatan VEGF-A sebagai terapi di bidang medis, diantaranya dalam wound healing, regenerasi kulit, alopesia, tulang, neuroproteksi retina, glomelurus, serta terapi pre eklampsia yang masih terus dikembangkan. Mengingat manfaat terapi VEGF-A secara luas, sehingga perlu terus dicari sumber VEGF-A yang potensial. Wharton jelly tali pusat dan plasenta merupakan jaringan ekstra embrionik yang memiliki  ekspresi growth factor yang tinggi, salah satunya VEGF-A. Wharton Jelly mudah diisolasi, kultur, kriopreservasi, serta tingkat ekspansi yang tinggi, Wharton Jelly dijadikan sumber dalam transplantasi sel allogenik dan modifikasi jaringan. Plasenta menarik perhatian karena karakter biologinya, plasenta berperan sebagai barier imunologis antara sistem imun fetus dan ibu sehingga diharapkan memiliki imunogenisitas yang minimal.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional cross sectional yang bertujuan mengetahui perbedaan kadar VEGF-A di wharthon jelly dan plasenta. Terdiri dari 17 sampel dari bayi baru lahir sesuai kriteria, diambil 20 cc plasenta dan 20 cm tali pusat untuk kemudian dilakukan ektraksi agar dapat dihitung kadar VEGF-A  dengan metode ELISA pada wharthon jelly dan plasenta. Analisis statistik menggunakan Mann whitney-test.

Hasil: Dari 17 sampel yang berhasil didapatkan, diperoleh hasil rerata kadar  VEGF-A  pada plasenta (P) =  342 ?g/ml dan rerata kadar  wharton jelly tali pusat (Wj) sebesar 734 ?g/ml. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan Nilai p (sig.) = 0,000 (p<0>wharton jelly adalah berbeda secara signifikan.

Kesimpulan: Kadar Vascular Endothelial Growth Factor-A pada wharton jelly tali pusat lebih tinggi jika dibandingkan dengan plasenta

Kata Kunci: Vascular Endothelial Growth Factor-A, wharthon jelly, plasenta

×
Penulis Utama : Jatiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581302002
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Kadar Vascular Endothelial Growth Factor-A (Vegf-A) antara Wharton Jelly Tali Pusat dan Plasenta Pada Bayi Baru Lahir
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi-S581302002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. dr. Abdurahman Laqif, SpOG (K)
2. DR. dr. Sri Sulistyowati, SpOG (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.