Penulis Utama : Achir Arjani
NIM / NIP : S881708001
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan sekolah adiwiyata di SMP Negeri Kota Surakarta. (2) Tingkat kepedulian lingkungan peserta didik di sekolah-sekolah adiwiyata SMP Negeri Kota Surakarta.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Stratified random sampling dari setiap tingkatan yaitu sekolah adiwiyata tingkat kota, provinsi, dan nasional masing-masing diambil sampel satu sekolah secara acak atau random sampling. Untuk menentukan sampel peserta didik yang diteliti dari tingkatan sampel tersebut dilakukan teknik Quota sampling. Untuk menentukan jumlah sampel guru dan karyawan sekolah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi lapangan, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Berdasarkan penilaian angket yang dilakukan menunjukkan penerapan sekolah adiwiyata pada SMP Negeri 1 Surkarta sebesar 95,83%, SMP Negeri 7 Surakarta sebesar 92,22 % dan SMP Negeri 11 Surakarta sebesar 90,56%. Ketiga sekolah menunjukkan kategori Sangat Baik penerapan adiwiyata. (2) Tingkat kepedulian lingkungan peserta didik terhadap sekolah adiwiyata SMP Negeri 1 Surakarta sebesar 85,64%, SMP Negeri 7 Surakarta sebesar 82,33% dan SMP Negeri 11 Surakarta sebesar 81,16%. Ketiga sekolah termasuk kategori sangat peduli tingkat kepedulian lingkungan.

Kata Kunci : Sekolah Adiwiyata, Tingkat Kepedulian Lingkungan, Peserta didik

×
Penulis Utama : Achir Arjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881708001
Tahun : 2019
Judul : Tingkat Kepedulian Lingkungan Peserta Didik SMP Adiwiyata di Kota Surakarta Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Geografi-S881708001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.
2. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.