Penulis Utama : Wahyu Kristiyanto
NIM / NIP : S031508027
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya : 1) perbedaan pengaruh model Sains  Teknologi Masyarakat  (STM)  dengan  model Quantum  Teaching terhadap hasil belajar IPA 2)   perbedaan pengaruh antara peserta didk yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar IPA. 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD swasta se- Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian   ini menggunkan   metode   Eksperimental. Populasi   penelitian adalah  seluruh  siswa   kelas   V Sekolah Dasar Swasta se-Kota Surakarta yang berjumlah 82  SD.  Sampel  yang  digunakan sebanyak  300  siswa  yang  diambil dengan cara area sampling. Jumlah tersebut mewakili lima kelas eksperimen dan lima kelas kontrol.
Variabel   bebas dalam penelitian ini yaitu   pembelajaran model Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan Quantum Teaching. Variabel moderatornya, kemampuan berpikir kritis. Variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data dengan tes untuk mengukur hasil belajar dan kuisioner untuk mengukur  kemampuan  berpikir  kritis.  Analisis  pengolahan data  menggunakan analisis varians dua jalur dengan desain faktorial 2x3.
Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa :  1). Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA, peserta didik yang mengikuti pembelajaran model Quantum Teaching lebih baik daripada model STM. 2). Ada perbedaan pengaruh antara peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar IPA, peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis sedang dan rendah; peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis rendah. 3). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA.

Kata Kunci : hasil belajar, Sains Teknologi Masyarakat, Quantum Teaching, kemampuan berpikir kritis

×
Penulis Utama : Wahyu Kristiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031508027
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis (Studi Eksperimen Siswa Kelas V di SD Swasta se-Kota Surakarta TA 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi PGSD-S031508027-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D.
2. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.