Penulis Utama : Ika Aprilia Kusumastuti
NIM / NIP : K8113038
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain   kreatif   terhadap   anak   usia   5-6   tahun.   Penelitian   ini   merupakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis eksperimen menggunakan metode eksperimen   kuasi   (Quasy   Experimental   Design).   Desain   penelitian   yang digunakan adalah Nonequivalent control group design.

Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B TK Puri Mandiri I Surakarta yang berjumlah 26 anak. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau sampel penuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes behavioral checklist  tentang  minat  belajar  anak  usia  dini.  Metode  pengumpulan  data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha menunjukkan bahwa instrumen penelitian ini valid dan reliabel. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan Lavene Test For Equality of Variance menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample t-test untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari metode bermain kreatif terhadap minat belajar anak.

Berdasarkan analisis penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan rata-rata nilai pada kelas eksperimen yaitu ketika pretest sebesar 6,23 menjadi 10,85 ketika posttest. (2) Adanya perbedaan yang signifikan dari hasil nilai posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat   dari penerapan bermain kreatif terhadap minat belajar anak usia 5-6 tahun.

 

×
Penulis Utama : Ika Aprilia Kusumastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113038
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Penerapan Metode Bermain Kreatif Terhadap Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8113038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dra. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.