Penulis Utama : Marsha Diptha Indriana
NIM / NIP : F1115022
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel makroekonomi terhadap Return On Asset (ROA) di Indonesia. Variabel makroekonomi yang diteliti adalah inflasi, BI rate, dan nilai tukar. Objek penelitiannya merupakan perusahaan yang bergerak di sektor perbankan di Indonesia. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Dari 43 bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, diambil 10 bank dengan aset tertinggi di Indonesia. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yang merupakan data time series dan cross section. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel makroekonomi secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Secaraparsial BI rate dan Kurs memiliki pengaruh signifikan negative terhadap Return On Asset (ROA). Sedangkan Inflasi tidak memiliki pengaruh terhadap Return On Asset (ROA). Variabel dependen yang terdiri dari Variabel Makroekonomi hanya member sumbangan sebesar 75,01 % terhadap variabel dependen, yaitu Return On Asset (ROA). Sedangkan sisanya 24,99% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
Kata kunci:Variabel Makroekonomi, Inflasi, BI rate, Nilai Tukar, Return on Asset (ROA), Data Panel.

×
Penulis Utama : Marsha Diptha Indriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1115022
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Terhadap Return On Asset (Roa) Bank-Bank yang Terdaftar di Bei Periode 2008q1-2016q4
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jurusan Ekonomi Pembangunan-F1115022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, SE, MM,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.