Penulis Utama : Fendie Karhandiansyah Syailawan
NIM / NIP : S531708021
×

Latar Belakang: Trigliserida, lingkar pinggang dan rasio lingkar pinggang-pinggul adalah indikator sindrom metabolik yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskuler. Susu kedelai dan bubur kacang hijau mengandung zat gizi yang berfungsi sebagai antihipertrigliseridemia dan antiobesitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh susu kedelai dan bubur kacang hijau terhadap kadar trigliserida darah, lingkar pinggang dan rasio lingkar pinggang-pinggul pada wanita pascamenopause.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-posttest dengan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan selama 4 minggu dari Desember 2018 - Januari 2019 di Serengan, Surakarta. Subjek dibagi secara acak menjadi kelompok kontrol (n=10), susu kedelai (n=10) dan kombinasi susu kedelai dan bubur kacang hijau (n=10). Dosis susu kedelai dan bubur kacang hijau yang disediakan masing-masing adalah 240 ml dan 180 ml/hari/orang. Data dianalisis dengan t-test berpasangan, uji one way ANOVA dan uji post hoc Bonferroni.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pemberian susu kedelai menurunkan lingkar pinggang dan rasio lingkar pinggang-pinggul masing-masing sebesar -2,40 cm (p < 0>Kesimpulan: Pada wanita pascamenopause, pemberian susu kedelai menurunkan lingkar pinggang dan rasio lingkar pinggang-pinggul secara bermakna dan pemberian kombinasi susu kedelai dan bubur kacang hijau menurunkan lingkar pinggang dan rasio lingkar pinggang-pinggul lebih besar bila dibandingkan pemberian susu kedelai saja. Pemberian baik susu kedelai dan kombinasi susu kedelai dan bubur kacang hijau belum dapat menurunkan kadar trigliserida darah.
Kata kunci: Susu kedelai, bubur kacang hijau, obesitas, pascamenopause

×
Penulis Utama : Fendie Karhandiansyah Syailawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531708021
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh susu kedelai (glycine max) dan bubur kacang hijau (vigna radiata) terhadap trigliserida darah, lingkar pinggang dan rasio lingkar pinggang-pinggul pada wanita pascamenopause
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Gizi-S531708021-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budiyanti Wiboworini, dr., M.Kes, Sp.G.K.
2. Ir. Lilik Retna Kartikasari, M.P., M.Agr.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.