Penulis Utama : Ahmad Albarudin
NIM / NIP : I8114004
×

ABSTRAK
 Mesin pengupas bawang adalah suatu alat yang bertujuan untuk mendukung peningkatan hasil produksi kupasan bawang, mesin pengupas bawang ini menggunakan energi listrik dengan menggunakan tenaga motor listrik 1,0 HP. Alat pengupas bawang dengan hasil kupasan yang seragam dengan menggunakan tabung pengupasan yang memiliki bentuk silinder berfungsi sebagai pemasukan bahan dan sebagai wadah pengupasan serta pada dinding tabung silinder terdapat 3 dudukan karet pengupas dengan 5 lubang beserta karet pengupas yang berfungsi mempermudahkan dalam pengupasan bawang.  
Puli digunakan untuk mentransmisikan daya dari poros satu ke poros lain dengan memakai sabuk datar, sabuk v, atau tali. Puli yang umum dipakai adalah puli besi cor tahan gesekan dan aus. Sedangkan sabuk digunakan untuk mentransmisikan daya dari poros yang satu ke poros yang lain dengan memakai puli yang berputar pada kecepatan yang sama atau pada kecepatan yang berbeda. Tujuan perancangan sabuk v pada puli adalah supaya drum pengupas bawang bisa beroperasi dengan baik dan aman.
Dimensi puli yang digunakan pada poros pencampur memiliki ukuran diameter 31,5cm dan puli pada motor dengan diameter 54,6mm. Material yang digunakan untuk puli tersebut adalah besi cor. Sedangkan dimensi untuk sabuk v dengan menggunakan sabuk v tipe A43.
 
 
Kata kunci: PULI, SABUK V, POROS, BEARING, KARET PENGUPAS.

×
Penulis Utama : Ahmad Albarudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8114004
Tahun : 2017
Judul : Rancang bangun mesin pengupas bawang (bagian puli dan sabuk) proyek akhir
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8614004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nurul Muhayat, ST., M.T.
2. Dr. Joko Triyono, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.