Penulis Utama : Ajeng Christina Dewi
NIM / NIP : S851508006
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II, tipeTGT, dan model pembelajaran langsung; 2) mengetahui prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah; 3) mengetahui prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah pada masing-masing model pembelajaran; 4)mengetahui prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang diberikan model pembelajaran tipe jigsaw II, tipe TGT,dan model pembelajaran langsung pada masing-masing kategori kecerdasan emosional.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu yang dirancang dengan desain faktorial 3×3. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Boyolali. Terpilih 3 sekolah sebagai sampel melalui stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data metode tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika, metode angket untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional, sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data ujian akhir semester (UAS). Uji hipotesis menggunakan data prestasi belajar dan dianalisis dengan anava dua jalan sel tak sama. Sebagai persyaratannya, populasi harus telah dinyatakan normal dan homogen.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II, tipe TGT, dan model pembelajaran langsung; 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, kecerdasan emosional sedang, dan kecerdasan emosional rendah; 3) pada setiap model pembelajaran, tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, kecerdasan emosional sedang, dan kecerdasan emosional rendah; 4) pada setiap kategori kecerdasan emosional, tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II, tipe TGT, dan model pembelajaran langsung.


Kata kunci: PEMBELAJARANKOOPERATIF, JIGSAW II, TEAMS GAMES TOURNAMENT, KECERDASANEMOSIONAL, PRESTASI BELAJAR

×
Penulis Utama : Ajeng Christina Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851508006
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw iidan tipe teams games tournament (tgt) pada materi persamaan garis lurus ditinjau dari kecerdasan emosional siswa kelas viii smp negeri di Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Magister Pendidikan Matematika-S851508006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Riyadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.