Penulis Utama : Arif Wahyu Nugroho
NIM / NIP : K1213008
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) relasi makna yang digunakan dalam rubrik Ah Tenane koran SOLOPOS edisi April 2017; dan (2) relevansi rubrik Ah Tenane koran SOLOPOS edisi 2017 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.  
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara dengan informan. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian antara lain: (1) relasi makna yang digunakan dalam rubrik
“Ah… Tenane” Koran SOLOPOS edisi April tahun 2017 adalah sinonim dengan faktor waktu, faktor tempat atau wilayah, faktor keformalan, faktor sosial, faktor kegiatan, dan faktor nuansa makna. Antonim dengan faktor mutlak, faktor relatif, faktor relasional, faktor hierarkial. Terdapat juga polisemi, homonimi, dan hiponimi; (2) Rubrik “Ah… Tenane” Koran SOLOPOS edisi April tahun 2017 relevan jika diimplementasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Berdasarkan informan, rubrik “Ah… Tenane” Koran SOLOPOS edisi April tahun 2017 memiliki informasi dan hiburan yang bisa dibaca oleh siswa.
 
Kata kunci: RELASI MAKNA, IMPLEMENTASI, BAHAN AJAR

×
Penulis Utama : Arif Wahyu Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213008
Tahun : 2018
Judul : Analisis relasi makna dalam rubrik “ah… tenane” koran Solopos edisi April 2017 dan relevansinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nugraheni Eko Wardani., S.S., M. Hum.
2. Drs. Purwadi., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.