Penulis Utama : Sri Sumardiasih
NIM / NIP : S911508010
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi volume dye dan suhu annealing pada hybrids dye alam-titanium dioxide sebagai material sensitizer terhadap kinerja DSSC serta pengaruh metode pencampuran langsung dye dengan TiO2 terhadap performa DSSC dengan melakukan perbandingan kinerja DSSC antara metode proses perendaman  dengan   metode  pencampuran  langsung  dye  dengan   TiO2.   Analisis dilakukan pada sifat optik melalui karakterisasi absorbansi menggunakan spektrofotometer UV-Vis Lambda 25, sifat listrik dari dye organik alam dan hybrids dye alam-titanium dioxide dengan menggunakan metode two point probe El-Kahfi 100 I-V Meter,  dan  karakteristik  arus  tegangan  (I-V)  DSSC dengan menggunakan  Keithley 2602A. Dari hasil karakterisasi absorbansi, diketahui bahwa penambahan volume campuran dye dengan TiO2  dengan metode pencampuran langsung dalam pembuatan hybrids dye alam-titanium dioxide  sebagai material sensitizer secara umum menyebabkan  terjadinya penurunan  puncak absorbansi. Namun untuk  nilai efisiensi yang dihasilkan diperoleh efisiensi tertinggi pada perbandingan 1:8 sebesar 0,052%. Nilai efisiensi ini lebih besar dibandingkan nilai efisiensi dengan metode perendaman yaitu sebesar 0,042%

Pengaruh dari variasi suhu annealing dilakukan melalui 4 varisi suhu annealing yaitu, pada suhu 60°C, 90°C, 120°C, dan 150°C. Dari 4 suhu tersebut diketahui bahwa absorbansi mengalami penurunan seiring meningkatnya suhu annealing yang diberikan. Adapun untuk nilai efisiensi yang optimum diperoleh pada suhu 120°C sebesar 0,011?ik pada hybrids dye alam-titanium dioxide dari ekstrak nanas kerang maupun hybrids dye alam-titanium dioxide dari ekstrak ketan hitam. Untuk efisiensi terendah diperoleh pada suhu 150°C sebesar 0,007% untuk hybrids dye alam-titanium dioxide dari ekstrak nanas kerang dan 0,002% untuk hybrids dye alam-titanium dioxide dari ekstrak ketan hitam.  Berdasarkan  hasil penelitian   yang  membandingkan  metode  pencampuran langsung dan metode perendaman diketahui bahwa kinerja sel surya DSSC dengan pencampuran langsung dye alam dan TiO2 dengan metode stirring menunjukkan kinerja sel surya DSSC yang baik dengan waktu yang lebih efisien. Hal ini dikarenakan proses metode pencampuran langsung ini memangkas dari tahapan perendaman dye.

Kata Kunci: Fotosensitizer, hybrids dye alam-titanium dioxide, Rhoeo spathacea

×
Penulis Utama : Sri Sumardiasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S911508010
Tahun : 2017
Judul : Karakteristik Hybrids Dye Alam-Titanium Dioxide sebagai Material Sensitizer dalam Pembuatan Dye Sensitized Solar Cell (Dssc)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Ilmu Fisika-S911508010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph. D,
2. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.