Penulis Utama : Rama Kusuma
NIM / NIP : M3116057
×

Absensi merupakan hal penting dalam kehidupan manusia terutama dalam dunia Pendidikan karena absensi seseorang bisa dinyatakan telah melakukan, mengerjakan, meminjam dan menghadiri sesuatu hal sehingga seseorang tersebut dapat mempertanggung jawabkan. Dengan absensi sebagai bukti yang kuat seseorang bisa dinyatakan salah / benar dalam sesuatu hal. Dalam dunia Pendidikan contohnya dalam suasana ujian. Namun banyak permasalahan yang ditemui dari pelaksanaan ujian seperti ketika seorang peserta ujian tidak membawa kartu ujian atau kartu ujian tidak sesuai maka seorang peserta ujian tidak bisa mengikuti ujian. Dan dari sisi pengawas jika kertas absensi tersebut hilang, basah, atau hingga tulisan absensi tersebut tidak di baca maka pengawas harus menggantinya dan melakukan absensi ulang
Berdasarkan masalah tersebut terciptalah sebuah gagasan dengan menggabungkan antara Sistem Informasi Ujian berbasis komputer untuk memanajemen ujian dengan Android sebagai scanner QRCode. Indikator yang digunakan dalam memonitoring  ujian adalah nama ujian / sertifikasi, waktu ujian, pengawas dan peserta ujian. Sistem ini dirancang dan didesain menggunakan UML. Desain sistem tersebut diterapkan dalam lingkungan web yang berbasis PHP dan menggunakan basisdata MySQL.
Dan hasil akhir Sistem Informasi Absensi Ujian di Lab Sertifikasi dengan QRCode, yang bermanfaat untuk membantu memanajemen ujian dan absensi.
Kata kunci : Absensi, Android, Sistem Informasi, QRCode, UML

×
Penulis Utama : Rama Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3116057
Tahun : 2019
Judul : Rancang bangun sistem informasi absensi ujian di lab sertifikasi D3 teknik informatika dengan qrcode
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2019
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3116057-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Maulana Yoseph, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.