Penulis Utama : Rebeka Grase Oktavyanti Widodo
NIM / NIP : C9614020
×

Penulisan Tugas Akhir ini dilakukan guna memperoleh pengetahuan mengenai   cara  meningkatkan   antusias   siswa   dalam   pembelajaran   bahasa Mandarin di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Permasalahan yang dikaji dalam tugas akhir ini adalah pemanfaatan penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran bahasa Mandarin dan hambatan-hambatan yang ditemui ketika memanfaatkan media PowerPoint, serta mengetahui solusi penanganannya.
Penulis dalam penyusunan tugas akhir ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, studi pustaka, studi dokumentasi dan wawancara.
Hasil pembahasan ini menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan PowerPoint pembelajaran bahasa Mandarin menjadi lebih menarik, efisien dan penyampaian bahan materi lebih mudah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang semula rata-rata siswa 78,9 meningkat menjadi 87,9 pada tes kedua, jika dipresentasekan  nilai  rata-rata  siswa  menggunakan  powerpoint  terjadi peningkatan 11,40%. Hambatan dalam menerapkan media PowerPoint ini adalah sinar dari layar LCD membuat mata siswa tidak nyaman dan kepala mudah lelah, hal ini dapat ditangani dengan pemilihan perpaduan warna, pemilihan gambar dan animasi yang sesuai dengan materi pelajaran.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  pembelajaran bahasa Mandarin dengan memanfaatkan penggunaan media PowerPoint terbukti mampu meningkatkan minat siswa belajar bahasa Mandarin sehingga pada akhirnya prestasi siswapun meningkat.

 

×
Penulis Utama : Rebeka Grase Oktavyanti Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9614020
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Media PowerPoint Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Antusias Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Sastra Tionghoa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. DIII Bahasa Mandarin-C9614020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dani Putri Septi K B.Ed, M.TCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.