Penulis Utama : Fitri Wahyuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Refleksi sosiologi masyarakat Indonesia dalam novel menunggu matahari melbourne karya Remy Silado (pendekatan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0200026-2005
Subyek : SOSIAL, MASALAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berjudul Refleksi Sosiologi Masyarakat Indonesia dalam Novel “Menunggu Matahari Melbourne” Karya Remy Sylado: Pendekatan Sosiologi Sastra. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah refleksi sosiologi secara umum masyarakat Indonesia dalam novel Menunggu Matahari Melbourne karya Remy Sylado yang terdiri dari karya sastra sebagai refleksi dunia nyata dan media satire sosiologi. Refleksi sosiologi secara khusus dalam novel Menunggu Matahari Melbourne yang meliputi hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Australia, hubungan agama dengan politik, dekadensi moral yang meliputi kejahatan korupsi di Indonesia dan penyimpangan seksual yang terdiri dari gay dan lesbian.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana novel Menunggu Matahari Melbourne merefleksi dunia nyata, mengetahui hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Australia, hubungan agama dengan politik, dekadensi moral yang meliputi kejahatan korupsi di Indonesia dan penyimpangan seksual yang terdiri dari gay dan lesbian.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitiannya refleksi sosiologi masyarakat Indonesia pada zamannya dalam novel Menunggu Matahari Melbourne karya Remy Sylado. Sumber datanya novel Menunggu Matahari Melbourne karya Remy Sylado dan artikel-artikel dari Koran dan internet. Teknik pengumpulan datanya teknik pustaka dan teknik simak catat. Teknik analisis datanya terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pertama, novel Menunggu Matahari Melbourne adalah refleksi dunia nyata dan merupakan media wacana satire sosiologi. Kedua, refleksi hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Australia, membuat Remy tergerak hatinya untuk membuat novel yang isinya harapan rakyat Indonesia untuk menjalin hubungan baik dengan Australia. Refleksi hubungan agama dan politik, keduanya mempunyai kepentingan masing-masing, tetapi dalam novel itu terlihat demi kepentingan politik seringkali mengatasnamakan agama begitu pula sebaliknya. Refleksi kejahatan korupsi di Indonesia yang semakin merajalela. Meskipun telah ada undang-undang korupsi tetapi belum mampu memberantasnya. Refleksi penyimpangan perilaku seksual yakni adanya pergeseran dalam memandang penyimpangan seksual, dalam novel ini Remy menciptakan ‘malaikat’, di dalam agama tugas malaikat adalah melaksanakan perintah Tuhan, tetapi dalam novel ini ‘malaikat’ justru mendukung manusia untuk berbuat zina.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Bani Sudardi, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa