Penulis Utama : Anastasia Anggarkusuma Arofah
NIM / NIP : S991602003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) literasi keuangan terhadap perilaku keuangan; (2) literasi keuangan terhadap sikap materialisme; (3) self-efficacy terhadap  perilaku   keuangan; (4) self-efficacy terhadap sikap materialisme; (5) sikap materialisme terhadap perilaku keuangan; (6) literasi keuangan terhadap perilaku keuangan melalui sikap materialisme; dan (7) self- efficacy terhadap perilaku keuangan melalui sikap materialisme.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret yang berjumlah 190 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 129 siswa yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survey explanatory. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik kuesioner untuk mengetahui perilaku keuangan mahasiswa. Analisis data menggunakan teknik SEM- PLS, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi model pengukuran (outer model), evaluasi  model  struktural  (inner  model)  dan  pengujian  efek  mediasi.  Taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 0,05.

Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku keuangan (original sample 0,244 dan t-value 2,319 > 1,96). Kedua, terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap sikap materialisme (original sample -0,318 dan t-value 2,857 > 1,96). Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap perilaku keuangan (original sample 0,276 dan t-value 3,491 > 1,96). Keempat, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap sikap materialisme (original sample 0,347 dan t-value 3,484 > 1,96). Kelima, terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara sikap materialisme dengan perilaku keuangan (original sample -0,583 dan t-value 6,666 > 1,96). Keenam, terdapat pengaruh antara literasi keuangan terhadap perilaku keuangan melalui sikap materialisme. Ketujuh, terdapat pengaruh antara self-efficacy terhadap perilaku keuangan melalui sikap materialisme.

Kata   Kunci:   Literasi Keuangan, Self-efficacy, Sikap Materialisme, Perilaku Keuangan

×
Penulis Utama : Anastasia Anggarkusuma Arofah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991602003
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh literasi keuangan dan self-efficacy terhadap perilaku keuangan ditinjau dari sikap materialisme pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Ekonomi-S991602003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yunastiti Purwaningsih, M.P.,
2. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.