Penulis Utama : Evi Amelia Santi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815014
Tahun : 2018
Judul : Obyek wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali : tinjauan dari bauran pemasaran & kesediaan membayar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agribisnis-H1815014-2018
Subyek : OBYEK WISATA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dewasa ini, kepariwisataan menjadi salah satu prioritas karena memiliki potensi besar dalam membangun kesejahteraan masyarakat tanpa harus menguras sumber daya alam dan merusak lingkungan. Pengelolaan pariwisata tidak boleh hanya dibebankan kepada Dinas Pariwisata saja tetapi pemerintah daerah dan pengelola tempat wisata juga harus menanganinya agar daya tarik wisatawan semakin meningkat. Sebagai sub daerah tujuan di propinsi Jawa Tengah, Kabupaten Boyolali merupakan salah satu DTW (Daerah Tujuan Wisata) di Jawa Tengah yang terletak di lereng gunung Merapi dan Merbabu sehingga memiliki pemandangan alam yang eksotis. Kabupaten Boyolali mempunyai potensi kawasan wisata yang strategis karena dalam satu wilayah masih terdapat beberapa obyek wisata  yang memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya Obyek Wisata Waduk Cengklik. Untuk itu skripsi ini bertujuan mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan wisatawan dalam mengunjungi dan mengetahui kesediaan membayar (willingness to pay) oleh pengunjung di Obyek Wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali.

Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan dengan sengaja berdasarkan pertimbangan tertentu.Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan responden, observasi, dan kuisioner. Ada dua jenis data yang diperoleh yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Skripsi ini mengunakan dua analisis data, yakni analisis faktor dan analisis kesediaan membayar.

Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa  hasil analisis faktor menggunakan 24 variabel yang memenuhi kriteria dan 6 faktor inti yang terbentuk. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan mengunjungi Obyek Wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali yaitu faktor pelayanan, faktor biaya akses, faktor tempat, faktor petunjuk lokasi, faktor tarif produk dan faktor produk. Seluruh faktor yang terbentuk memiliki eigenvalue lebih dari 1, serta semua variabel yang terbentuk memiliki nilai facor loading lebih dari 0,500. Variabel tertinggi dengan nilai factor loading 0,835 adalah variabel panorama alam obyek wisata yang terdapat di faktor produk. Hasil analisis data kedua, yakni analisis kesediaan membayar didapat kesediaan membayar  sebesar Rp. 273.879.112. Hasil analisis kesediaan membayar didapat dari beberapa komponen biaya yaitu biaya transportasi, biaya retribusi masuk lokasi, biaya makan dan minum, biaya parkir, biaya naik perahu, biaya naik gethek dan biaya lainnya. Selain komponen biaya tersebut diatas, jumlah pengunjung Obyek Wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali turut mendasari perhitungan analisis kesediaan membayar. Jumlah pengunjung tahun terakhir Obyek Wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali yaitu tahun 2016 sejumlah 6.596 pengunjung.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
COVER.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si.,
2. Ir. Agustono, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian