Penulis Utama : Danu Luwih Budiarto
NIM / NIP : E0015097
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian klausula baku yang digunakan J&T Express dengan hak-hak konsumen yang harus dilindungi dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan mengetahui kesesuaian klausula baku yang tercantum pada resi dengan prinsip tanggung jawab pelaku usaha.
Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum social legal research atau empiris bersifat deskriptif yang mana menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi kepustakaan guna mendapatkan data primer dan data sekunder. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif yang menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini dapat disajikan bahwa pihak J&T Express belum cukup baik dalam pemenuhan hak konsumen. Hal tersebut karena terdapat beberapa klausula baku pada resi pengiriman J&T Express belum sepenuhnya memenuhi hak-hak konsumen yang ada dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Kemudian penggunaan prinsip tanggung jawab dengan pembatasan (limitation of liability) yang mana tidak sesuai dengan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sehingga akan merugikan konsumen bila diterapkan secara sepihak oleh pelaku usaha.
Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Hak Konsumen, Prinsip Tanggung Jawab

 

×
Penulis Utama : Danu Luwih Budiarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015097
Tahun : 2019
Judul : Perlindungan hukum bagi konsumen atas transaksi pengiriman barang oleh pelaku usaha jasa pengiriman barang sehubungan dengan pencantuman klausula baku (studi kasus pada J&T express bojong Kabupaten Tegal)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum- E0015097-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wasis Sugandha S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.