Penulis Utama : Mayangsari Putri Sekarwangi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112048
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan panduan sikap tanggung jawab Kesiapan kerja dengan teknik Self Management peserta didik SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3112048-2017
Subyek : KESIAPAN KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan dan tingkat kepentingan sikap tanggung jawab dalam diri peserta didik, dan menghasilkan sebuah prototipe satu (1) berupa buku panduan pengembangan sikap tanggung jawab kesiapan kerja dengan teknik self management peserta didik SMK yang akan digunakan oleh Guru BK dan Siswa SMK.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model penelitian Borg & Gall. Penelitian yang dilakukan hanya sampai pada tahap pra pengembangan yaitu survey pendahuluan, pengumpulan data dan pembuatan prototipe satu. Subjek penelitian adalah peserta didik SMK kelas X, XI, XII di Karisidenan Surakarta. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert tingkat kebutuhan dan kepentingan yang diuji validitas dan reliabelnya menggunakan SPSS17 dengan analisis faktor. Analisis Presentase dan tingkat perangkingan digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kebutuhan menurut peserta didik, orang tua dan Guru BK.
Hasil Penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa menurut siswa, guru BK dan orang tua ada tingkat kebutuhan dan tingkat kepentingan terhadap pemberian layanan mengenai pengembangan sikap tanggung jawab kesiapan kerja berdasarkan dari kajian empirik dan kajian teoritik. Kajian empirik menunjukkan hasil angket dari 1800 responden memiliki presentase 64,27 % sangat membutuhkan dan 64,15 % sangat merasa penting terhadap pengembangan sikap tanggung jawab kesiapan kerja. Hasil kajian teoritik pengembangan sikap tanggung jawab kesiapan kerja meliputi pengertian sikap, pengertian tanggung jawab, pengertian sikap tanggung jawab, dan unsur-unsur sikap tanggung jawab. Dua kajian teori tersebut kemudian dapat dihasilkan sebuah buku panduan pengembangan sikap tanggung jawab kesiapan kerja dengan teknik self management.
Kata Kunci; Sikap Tanggung Jawab, Kesiapan Kerja, Self Management

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wagimin, M.Pd.
2. Ulya Makhmudah, S.Pd.,M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP