Penulis Utama : Himasty Nurmaysari
NIM / NIP : D0213046
×

Perkembangan teknologi melahirkan sebuah media baru (new media) yang memberi kemudahan bagi manusia untuk bertukar informasi. Bagian dari media baru yang kini menjadi perbincangan adalah media sosial. Berbagai macam media sosial berlomba-lomba untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia akan komunikasi. Media sosial yang cukup populer salah satunya adalah Instagram. Melalui Instagram, penggunanya dapat berekspresi melalui foto maupun video yang dikemas sedemikian mungkin. Platform ini seolah menjadi panggung bagi penggunanya untuk mempresentasikan dirinya.

Pengguna Instagram di Indonesia mayoritas adalah perempuan. Perempuan yang aktif menggunakan media sosial ini adalah para blogger yang kesehariaannya tidak terlepas dari aktivitasnya menggunakan media sosial. Sebagai seorang blogger, dalam menggunakan media sosial mereka kerap melakukan manajemen impresi untuk mempresentasikan dirinya. Hal ini menjadi menarik karena setiap orang memiliki tujuan tertentu melakukan presentasi diri. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hubungan aktivitas menggunakan Instagram dengan presentasi diri blogger perempuan. Penelitian ini mengacu pada penggunaan teori uses and gratification.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik analisa uji korelasi spearman. Survey kuesioner dibagikan kepada 97 responden. Adapun responden tersebut adalah anggota komunitas Blogger Perempuan. Terdapat 3 variabel yang diteliti yaitu Aktivitas Menggunakan Instagram, Presentasi Diri, dan Motivasi Menggunakan Instagram.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Aktivitas Menggunakan Instagram dengan Presentasi Diri Blogger Perempuan dan terdapat hubungan yang signifikan antara Aktivitas Menggunakan Instagram dengan Motivasi Menggunakan Instagram.

Kata Kunci : Instagram, presentasi diri, uses and gratification, blogger

×
Penulis Utama : Himasty Nurmaysari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213046
Tahun : 2017
Judul : Instagram dan presentasi diri (studi korelasi aktivitas menggunakan instagram dengan presentasi diri Komunitas blogger perempuan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0213046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.