Penulis Utama : Laela Nur Baroroh
NIM / NIP : C0512030
×

Penulisan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) sejarah dan latar belakang didirikannya kesenian cepetan Paguyuban Cinta Karya Budaya, (2) perkembangan kesenian cepetan Paguyuban Budaya Cinta Karya Bangsa dari tahun 2000 hingga tahun 2015,(3) peran Paguyuban Cinta Karya Budaya terhadap sosial budaya masyarakat Desa Karanggayam dan sekitarnya.

Sejalan sengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi: heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber intern maupun ekstern, interpretasi dan yang langkah terakhir adalah historiografi. Sumber yang digunakan adalahmonografi desa Karanggayam tahun 2015, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Paguyuban Cinta Karya Budaya tahun 2007. Sumber sekunder menggunakan literatur buku yang berkaitan dengan teori penelitian, juga melakukan wawancara dengan narasumber yang mengetahui atau berhubungan dengan Paguyuban Cinta Karya Budaya.

Hasil penelitian dan analisis terhadap sumber-sumber yang telah terkumpul menunjukan bahwa berdirinya Paguyuban Cinta Karya Budaya erat kaitannya dengan kemunculan kesenian cepetan. Perkembangan kesenian cepetan  Paguyuban Cinta Karya Budaya memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial budaya Desa Karanggayam dan sekitarnya. Selain sebagai wadah regenerasi seniman cepetan, Paguyuban Cinta Karya Budaya juga menjadi salah satu grup kesenian yang mampu memperkuat identitas kesenian cepetan sebagai kesenian tradisional Kabupaten Kebumen melalui berbagai aktivitas kesenian baik di acara hajatan, upacara tradisi, maupun festival kesenian tingkat lokal, provinsi, maupun nasional.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Paguyuban Cinta Karya Budaya merupakan salah satu grup kesenian yang keberadaannya cukup penting bagi kehidupan kesenian tradisional di era modern seperti saat ini, baikbagi masyarakat Desa Karanggayam maupun  Kabupaten Kebumen. Melalui aktivitas Paguyuban Cinta Karya Budaya kesenian cepetan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Kata kunci: Kesenian cepetan, Paguyuban Cinta Karya Budaya, Kebumen.

×
Penulis Utama : Laela Nur Baroroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0512030
Tahun : 2017
Judul : Paguyuban kesenian Cepetan cinta karya budaya Desa Karanggayam, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen tahun 2000-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0512030-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.