Penulis Utama : Mega Devita Tritanti
NIM / NIP : D0412028
×

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan diplomasi budaya menggunakan Rumah Budaya Indonesia (RBI) dalam pencapaian kepentingan nasionalnya. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang  penerapan diplomasi kebudayaan Indonesia.(2) upaya yang dilakukan Indonesia dalam proses pencapaian kepentingan nasionalnya.

Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka metode penelitian yang penulis gunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka (library research) yang bersumber dari buku, jurnal, dokumen, dan website yang valid. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan teknik penulisan deduktif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, menjalankan diplomasi budaya berarti dengan sengaja dan terarah menanamkan, mengembangkan, dan memelihara citra Indonesia di luar negeri, khususnya negara-negara pelaksana Rumah Budaya Indonesia sebagai bangsa dan negara yang berkebudayaan tinggi. Selain itu upaya yang dilakukan sebagai salah satu sasaran kebijakan dari Indonesia untuk melaksanakan diplomasi budaya dalam implementasi kebijakan politik luar negeri Indonesia.

Sementara itu, wujud peran diplomasi kebudayaan dalam Rumah Budaya Indonesia yaitu peran sebagai sarana promosi untuk menjelaskan realita terkait eksotika kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia, sementara wujud peran Rumah Budaya Indonesia dalam hal peran sebagai poros diplomasi dan perjuangan kepentingan nasional ini merupakan tantangan yang harus dihadapi Indonesia dalam melakukan misi diplomasi.

Kata Kunci: Rumah Budaya Indonesia, Kebudayaan, Diplomasi Budaya,Diplomasi Publik, Kepentingan Nasional.

×
Penulis Utama : Mega Devita Tritanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0412028
Tahun : 2017
Judul : Rumah Budaya Indonesia (RBI) sebagai media diplomasi publik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Hubungan Internasional-D0412028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Andrik Purwasito, DEA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.