Penulis Utama : Hanna Gabriella Sitompul
NIM / NIP : D0215052
×

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Hallyu yang menjadi suatu hal yang sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa, terutama mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Zaman semakin berkembang dengan teknologi yang semakin canggih, di mana informasi dan pesan dapat tersalurkan secara cepat dan luas kepada seluruh kalangan masyarakat. Berkaitan dengan gaya berbusana, mahasiswi memiliki banyak ragam referensi. Dari segala referensi tersebut, salah satu pengaruh besarnya yaitu fashion Korea. Terbawa dari Korean Wave atau fenomena Hallyu, yang di mana dari budaya K-Drama sebagai salah satu faktor utama. K-Drama Goblin menjadi sorot utama penelitian, dengan kepopulerannya yang tidak asing di kalangan mahasiswi, peneliti tertarik untuk mengetahui serta mengukur sejauh mana pengaruh melihat tayangan drama korea Goblin, yang meliputi variabel Durasi (X1), Frekuensi (X2), dan Motivasi (3), terhadap Gaya Berbusana mahasiswi selaku variabel dependen (Y).
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana mencari hubungan kausal antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi D3 Komunikasi Terapan Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan sampel yang sama berjumlah 72 mahasiswi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Untuk menganalisis hubungan tiga variabel bebas terhadap variabel terikat, dilakukan beberapa uji penelitian, seperti uji regresi linear berganda, uji hipotesis F Simultan, dan uji T Parsial, dengan tingkat signifikansi 0,05 atau taraf kepercayaan 95%.
Hasil perhitungan sesuai dengan analisis pada Bab IV, dapat diambil kesimpulan bahwa variabel durasi memiliki pengaruh positif dan signikan terhadap gaya berbusana, begitupula variabel frekuensi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap gaya berbusana mahasiswi, sedangkan variabel motivasi memiliki tidak memiliki pengaruh terhadap gaya berbusana mahasiswi D3.


 Kata Kunci: durasi, gaya berbusana, motivasi, frekuensi

×
Penulis Utama : Hanna Gabriella Sitompul
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215052
Tahun : 2019
Judul : Studi kuantitatif pengaruh terpaan media terhadap gaya berbusana drama korea di kalangan mahasiswi vokasi komunikasi terapan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0215052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tommy Chandra Wijaya, S.Sos., M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.