Penulis Utama : Faqih Yazid Fariza Anshory
NIM / NIP : I8114021
×

ABSTRAK
Mesin Pemecah Cangkang Kemiri adalah mesin yang digunakan untuk memecah cangkang kemiri. Pemecahan ini dilakukan oleh pelontar. Sebelum masuk ke dalam mesin , kemiri harus dalam keadaan kering dan bagian biji kemiri sudah terlepas dari cangkang bagian dalam. Kemiri masuk melewati Hopper dibagian atas mesin. Kemiri yang telah masuk melewati Hopper akan dipecah oleh silinder pemecah yang bergerak berputar yang digerakkan oleh motor penggerak. Proses pemecahannya, kemiri akan berbenturan dengan pelontar yang berputar sesuai dengan kecepatan yang telah ditentukan. Kemiri yang telah terpecah akan diampung di bak penampung yang telah disiapkan bersamaan dengan kulitnya.
Puli dan sabuk merupakan salah satu komponen penting pada mesin pemecah cangkang kemiri. Komponen tersebut berfungsi meneruskan daya dari motor listrik ke pelontar. Tujuan perancangan puli dan sabuk  pada mesin pemecah cangkang kemiri ini adalah supaya pelontar bias beroperasi dengan baik dan aman.
Daya yang digunakan untuk mesin pengupas kacang adalah 1 HP dengan putaran 1420 rpm. Puli yang digunakan untuk pengupas kacang adalah 6 inchi dan sabuk yang digunakan adalah sabuk tipe A dengan panjang 47 inchi. Material yang digunakan untuk puli adalah ST 40, sedangkan material sabuk dari bahan karet.
Kata kunci: MESIN PEMECAH ,CANGKANG KEMIRI, HOPPER, PULI.

×
Penulis Utama : Faqih Yazid Fariza Anshory
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8114021
Tahun : 2017
Judul : Perencanaan sistem transmisi pulley dan belt pada mesin pemecah cangkang kemiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8114021-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nurul Muhayat, ST. MT
2. Purwadi Joko Widodo, S.T., M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.