Penulis Utama : Hafidah Fachrunisa
NIM / NIP : K1213026
×

ABSTRAK

Hafidah Fachrunisa. K1213026. PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK (STUDI KASUS DI KELAS XI SMK NEGERI 5 SURAKARTA). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 5 Surakarta yang meliputi: (1) pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013; (2) perencanaan pembelajaran menulis teks cerita pendek berdasarkan Kurikulum  2013; (3) pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek berdasarkan Kurikulum 2013; (4) penilaian pembelajaran menulis cerita pendek; (5) kendala yang terdapat dalam pembelajaran menulis cerita pendek; dan (6) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terdapat dalam pembelajaran menulis cerita pendek.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SMK Negeri 5 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Simpulan penelitian ini adalah sebagai perikut. Pertama pemahaman guru mengenai konsep kurikulum 2013 sudah cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang belum dipahami secara rinci. Kedua perencanaan pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek belum mengacu pada pembelajaran saintifik sesuai Kurikulum 2013 dan belum sepenuhnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kempat penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek menggunakan penilaian produk. Kelima, kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek yaitu pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013, format penyusunan RPP yang sering mengalami perubahan, alokasi waktu yang terbatas, siswa yang sulit diajak aktif dan sarana serta prasarana yang mengalami kerusakan atau error. Keenam, upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang timbul yaitu, guru mengikuti pelatihan mengenai Kurikulum 2013 dan penyusunan RPP terbaru, guru dapat membagi tahapan kegiatan 5 M dalam beberapa pertemuan, guru melibatkan siswa dalam pembelajaran, dan guru dapat menggunakan media lain yang dapat membuat pembelajaran menjadi menarik.

Kata kunci: PEMBELAJARAN, MENULIS CERITA PENDEK, KURIKULUM 2013, SEKOLAH KEJURUAN

×
Penulis Utama : Hafidah Fachrunisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213026
Tahun : 2017
Judul : Pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek (studi kasus di Kelas XI SMK Negeri 5 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A, Ph. D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.