Penulis Utama : Ramadhan Ozzy Febririyanto
NIM / NIP : K2512054
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji nilai kekerasan komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa, (2) Menguji laju keausan komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa, (3) Menguji masa pakai komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa  apabila di aplikasikan pada sepeda motor.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Pengujian nilai kekerasan dilakukan dengan menggunakan pengujian Brinell, laju keausan kampas rem serbuk tempurung kelapa dilakukan dengan pengujian uji jalan. Populasi dalam penelitian ini adalah komposit kampas rem dengan komposisi serbuk tempurung kelapa, serbuk alumunium, dengan matriks penyusun resin epoxy. Sampel dalam penelitian ini adalah komposit kampas rem dengan komposisi bahan 30% serbuk tempurung kelapa, 30% serbuk alumunium, 20% dengan matriks penyusun berupa 40% resin epoxy. Perbandingan campuran bahan kampas rem menggunakan perbandingan massa.
Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai kekerasan komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa mendekati kampas rem yang ada di pasaran, dimana hasil pengujian Brinell komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa 12,63 dan kampas rem Indoparts 12,67 sehingga komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa dapat di aplikasikan pada sepeda motor, (2) Laju keausan komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa mencapai 0.00049 mm/km, (3) Masa pakai komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa mendekati 10.000 km dimana hasil perhitungan umur komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa dengan tebal 5mm dapat dipakai mencapai 9.183 km atau 63.362 kali pengereman, sehingga komposit kampas rem serbuk tempurung kelapa ini dapat diaplikasikan langsung pada sepeda motor.
Kata Kunci: kampas rem, komposit, serbuk tempurung kelapa.

 

×
Penulis Utama : Ramadhan Ozzy Febririyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512054
Tahun : 2017
Judul : Kaji eksperimental penggunaan kampas rem komposit serbuk tempurung kelapa pada sepeda motor yamaha jupiter z
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2512054-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T
2. Budi Harjanto, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.