Penulis Utama : Oktasari
NIM / NIP : S991708011
×

Pengembangan modul penting dilakukan oleh seorang pendidik agar tercapai tujuan dalam pembelajaran namun hal tersebut belum terlaksanakan di SMK Negeri 1 Kalianda. Guru mengemukakan bahwa untuk mengembangkan modul memiliki keterbatasan waktu sehingga mengandalkan modul yang diproduksi oleh pabrik dimana isi materi yg ada di dalam buku belum menjelaskan materi secara lengkap sehingga hasil belajar siswa rendah. 
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengkaji kondisi pembelajaran akuntansi dasar di SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan, 2) menguji kelayakan modul akuntansi dasar berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran akuntansi dasar, 3) menguji keefektifan modul akuntansi dasar berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain 4-D (Four D Model) yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Sasaran penelitian ini yaitu siswa kelas X Akuntansi  SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan. Data dikumpulkan dengan observasi, pengamatan, dan angket. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kondisi pembelajaran akuntansi dasar, data dikumpulkan dengan angket dan tes digunakan untuk mengetahui kelayakan modul akuntansi dasar berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran akuntansi dasar, uji T test menggunakan paired sample t test dan independent sample t test untuk menguji keefektifan modul akuntansi dasar berbasis ikuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Hasil observasi, pengamatan, dan angket menunjukkan bahwa kondisi hasil belajar akuntansi dasar di SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan masih rendah. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul akuntansi dasar berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi. Hasil penilaian oleh ahli media memperoleh skor total sebesar 98,13% . Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor total sebesar 90,46%. Hasil penilaian oleh praktisi memperoleh skor total sebesar 96,4%. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan software IBM SPSS 22 menunjukkan modul akuntansi dasar berbasis inkuiri terbimbing teruji efektif meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dari hasil uji T diperoleh nilai signifikansi 0,031 < 0>Penelitian ini menghasilkan modul akuntansi dasar berbasis inkuiri terbimbing yang dapat digunakan sebagai variasi, pelengkap, atau alternatif dalam kegiatan pembelajaran di semua sekolah menengah kejuruan (SMK).

 

×
Penulis Utama : Oktasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991708011
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Akuntansi Dasar Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Ekonomi-S991708011-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stat
2. Dr. Djoko Santosa Th, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.