Penulis Utama : Roy Sugeng Riyadhi
NIM / NIP : K3110061
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal dengan bimbingan kelompok teknik diskusi pada peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini termasuk penelitian Eksperimen dengan pola “Treatments By Subjects Design” atau disingkat pola T-S. Dalam Treatments By Subjects Design, beberapa jenis atau variasi treatment diberikan secara berturut-turut kepada sekelompok subjek yang sama yaitu dengan memberikan suatu perlakuan atau treament kepada sampel berupa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dan kepada subjek tanpa menggunakan bimbingan dengan teknik diskusi. T-tes dipergunakan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal.
Hasil analisis uji t-test menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) = 0,000 dengan taraf signifikansi (?) 5% dan thitung = 4,229. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan Asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < 0> ttabel 2,021 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga Hipotesis yang menyatakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat dibuktikan kebenarannya.

Kata kunci: bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, kemampuan komunikasi interpersonal, siswa SMA.

 
 

×
Penulis Utama : Roy Sugeng Riyadhi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3110061
Tahun : 2017
Judul : Keefektifan teknik diskusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal (pada peserta didik kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3110061-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. Siti S. Fadhilah, M.Pd.
2. Rian Rokhmat Hidayat, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.