Penulis Utama : Siti Koyimah
NIM / NIP : K8413067
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemenuhan kebutuhan hak pendidikan anak oleh TPAB Akhlaqul Karimah (2) kendala yang dihadapi TPA dalam memenuhi kebutuhan hak pendidikan anak.
Penelitian ini menggunakan metode yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik purposive yaitu pengelola dan pengasuh TPA serta beberapa orang tua dengan kriteria menitipkan anak lebih dari satu, dan menitipkan anak selama beberapa tahun sebagai penguat data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles & Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) reduksi data; (2) paparan data; dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Pemenuhan kebutuhan hak pendidikan anak oleh TPAB Akhlaqul Karimah lebih terfokus pada anak usia 4 tahun keatas sedangkan fasilitas edukasi dan fasilitas pendukung motorik anak usia 4 tahun kebawah masih terbatas. (2) Kendala yang dihadapi TPA dalam memenuhi kebutuhan hak pendidikan anak diantaranya kurangnya fasilitas dan permainan edukasi anak, kurangnya pendidik dan pengasuh, kekurangan ruangan, dan kurangnya dukungan dari pihak yayasan. Kendala-kendala tersebut harus diperbaiki agar kebutuhan hak pendidikan anak dapat terpenuhi dengan baik.
Simpulan yang diperoleh adalah berdasarkan pada KHA, penyelenggaraan TPA sudah memenuhi 3 prinsip pendidikan yaitu prinsip nondiskriminasi, prinsip kepentingan pada anak, dan penghargaan terhadap pandangan anak. Namun, untuk prinsip hak tumbuh berkembang anak masih belum terpenuhi karena kendala yang dihadapi TPA. Dalam hal ini menurut KHA, pemenuhan hak pendidikan anak menjadi tanggung jawab baik negara, keluarga maupun masyarakat (TPA).
Kata Kunci : Hak Pendidikan Anak, TPA, Konvensi Hak Anak

×
Penulis Utama : Siti Koyimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413067
Tahun : 2017
Judul : Pemenuhan kebutuhan hak pendidikan anak oleh TPAB Akhlaqul Karimah Aisyiyah Waru Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Sosiologi Antropologi-K8413067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant, M.Hum.
2. Drs. Slamet Subagya, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.