Penulis Utama : Ratu Nurul Fadhilah
NIM / NIP : G0016181
×

Latar Belakang: Depresi adalah gangguan mental yang sering ditemukan di kalangan mahasiswa kedokteran. Depresi dapat dipengaruhi oleh banyak hal salah   satunya   adalah   chronotype   yaitu   preferensi   pola   tidur   yang berhubungan   dengan   ritme   sirkadian   seseorang   yang   mengakibatka n kurangnya waktu istirahat seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan chronotype dengan tingkat depresi mahasiswa kedokteran angkatan 2018.
Metode: Penelitian analitik observational menggunakan desain cross sectional. Subjek penelitian sebanyak 97 mahasiswa dengan purposive sampling. Kriteria berupa usia kurang dari 20 tahun dan tidak memiliki riwayat keluarga dengan gangguan mood. Chronotype ditentukan dengan kuisioner MEQ-SA dan tingkat depresi dengan kuisioner BDI-II. Analisis menggunakan uji bivariat korelasi Pearson.
Hasil: Hasil nilai korelasi Pearson sebesar -0,28 dengan signifkansi p=0,003 (p<0>Kesimpulan: Chronotype berhubungan dengan tingkat depresi pada mahasiswa kedokteran angkatan 2018. Mahasiswa dengan chronotype intermediet atau evenigness, cenderung mengalami depresi.

Kata Kunci: Chronotype, depresi, mahasiswa kedokteran

 

×
Penulis Utama : Ratu Nurul Fadhilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016181
Tahun : 2019
Judul : Hubungan antara Chronotype dengan Tingkat Depresi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Angkatan 2018 Semester 3
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0016181-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mohammad Fanani, dr, Sp KJ (K)
2. Drs. Widardo M.Sc
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.