Penulis Utama : Yogi Irwansyah Hendrata
NIM / NIP : G0016234
×

Latar Belakang. Mahasiswa kedokteran adalah seseorang yang menempuh pendidikan formal dan memiliki kompetensi bidang kedokteran. Mahasiswa semester akhir yang memiliki komponen blok tidak lulus akan mengambil materi blok dalam semester regular berikutnya. Masa studi yang lebih daripada umumnya dapat menimbulkan stress pada mahasiswa. Stress yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi. Kecerdasan emosi dibutuhkan untuk mengendalikan dan mengontrol emosi tersebut. Dukungan keluarga juga berguna bagi seseorang karena memberikan rasa nyaman secara fisik dan psikologis pada individu yang sedang merasa tertekan dan stress.
Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian observasional analitik dan desain penelitian cross sectional. Metode pengambilan data menggunakan Purposive Sampling. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran UNS. Kuesioner yang digunakan adalah Kuisioner inventory EQ, Kuisioner Keintiman Keluarga dan Kuesioner Depresi (BDI). Analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji t independent bila memenuhi syarat namun, jika tidak memenuhi syarat maka menggunakan uji Mann Whitney.
Hasil. Uji Mann Whitney diperoleh (p) 0,002 < 0> 0,05 pada variabel depresi. Uji T-Test Independen diperoleh (p) = 0,332 > 0,05 pada variabel kecerdasan emosi.
Simpulan. Terdapat perbedaan tingkat keintiman keluarga namun, tidak terdapat perbedaan tingkat depresi dan kecerdasan emosi antara kelompok yang memiliki masalah akademik dan tidak memiliki masalah akademik.
 

Kata Kunci. Masalah Akademik, Tingkat depresi, Tingkat Keintiman Keluarga, Tingkat Kecerdasan Emosi

 

×
Penulis Utama : Yogi Irwansyah Hendrata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016234
Tahun : 2020
Judul : Perbedaan Tingkat Depresi, Tingkat Kecerdasan Emosi, dan Tingkat Keintiman Keluarga Antara Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS yang Memiliki Masalah Akademik dan Tidak Memiliki Masalah Akademik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0016234-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.