Penulis Utama : Apriyatno
NIM / NIP : S881708002
×

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Gangga, 2) mengetahui tingkat resiliensi masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Gangga, 3) mengetahui hubungan antara kesiapsiagaan dengan resiliensi masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Gangga, 4) mengetahui implementasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Geografi di SMA.  
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif dan Kuantitatif. Untuk menentukan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Analisis kesiapsiagaan masyarakat Kecamatan Gangga menggunakan skoring dengan bantuan Sistem Informasi Geografis terhadap empat parameter kesiapsiagaan yaitu Pengetahuan dan Sikap, Rencana Tanggap Darurat, Sistem Peringatan Bencana, Mobilisasi Sumberdaya. Analisis tingkat resiliensi masyarakat Kecamatan Gangga menggunakan skala resiliensi dari Connor-Davidson Resilience Scale dengan 25 pertanyaan dengan cara membagikan angket.
Hasil penelitian yaitu (1) hasil indeks kesiapsiagaan masyarakat menunjukkan bahwa desa yang termasuk dalam kategori sedang adalah desa Bentek (58,67), Genggelang (57,32), dan Rempek (56), sedangkan desa yang termasuk dalam kategori tinggi adalah desa Gondang (67) dan Sambik Bangkol (70,67), secara keseluruhan Kecamatan Gangga termasuk dalam kategori Kesiapsiagaan Sedang; (2) tingkat resiliensi masyarakat Kecamatan Gangga dibagi menjadi tiga kategori antara lain Desa Gondang (91,14) dan  Desa Sambik Bangkol (90,54) termaduk dalam kategori resiliensi tinggi. Desa Bentek (80,67) dan Desa Genggelang (80,4) termasuk dalam kategori sedang, Desa Rempek (62,07) termasuk dalam kategori rendah, Secara keseluruhan Kecamatan Gangga termasuk dalam kategori Resiliensi Sedang ; (3) hubungan positif dan signifikan antara kesiapsiagaan dengan resiliensi masyarakat semakin baik; (4) Implementasi hasil penelitian dalam pembelajaran Geografi berupa modul pembelajaran yang berjudul “GEMPA BUMI; Mitigasi dan Adaptasi Masyarakat” untuk kelas XI IPS SMA Semester Genap.

Kata Kunci : Bencana, Gempa Bumi, Kesiapsiagaan, Masyarakat, Resiliensi

×
Penulis Utama : Apriyatno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881708002
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kesiapsiagaan dan Resiliensi Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (Implementasi Pembelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Kompetensi Dasar 3.7 Menganalisis Jenis dan Penanggulangan Bencana Alam Melalui Edukasi, Kearifan Lokal, dan Pemanfaatan Teknologi Modern)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Geografi-S881708002-2020
Kata Kunci : Bencana, Gempa Bumi, Kesiapsiagaan, Masyarakat, Resiliensi
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.
2. Dr. Yasin Yusup, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.