Penulis Utama : Lathifah Dzatun Nuha
NIM / NIP : C0913022
×

Latar belakang proyek Tugas Akhir ini adalah pengembangan ragam hias tenun ikat yang mengangkat kearifan lokal untuk memperkaya ciri khas bangsa Indonesia dengan motif dan coraknya yang beraneka-ragam. Perancangan ini diharapkan menambah keanekaragaman motif tenun ikat khas grobogan dan dapat sebagai sumbangan ide kepada para pengrajin tenun di Grobogan untuk melihat potensi lokal yang dapat diangkat menjadi motif tenun ikat.
Metode yang dipakai yaitu metode desain dengan melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep dan visualisasi. Metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.
Hasil perancangan tugas akhir ini menghasilkan enam desain tenun yang mengangkat salah satu keajaiban alam yang menarik yakni api abadi mrepen dengan penggambaran stilasi. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah tenun ikat pakan. Teknik pewarnaan ikat celup menggunakan zat pewarna remasol. Bahan menggunakan serat katun, karena memiliki sifat mudah menyerap warna dan keringat sehingga cocok digunakan untuk pewarnaan sintetis dan diaplikasikan pakaian.

×
Penulis Utama : Lathifah Dzatun Nuha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913022
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Ragam Hias Tenun Ikat Kabupaten Grobogan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Jur. Kriya Tekstil-C0913022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Th, Widiastuti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.