Penulis Utama : Alfi Nisrina Nur Ahlina
NIM / NIP : K7115008
×

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta didik kelas II dalam keterampilan menulis tegak bersambung. Penelitian yang merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus tunggal ini bertujuan mengetahui analisis kesalahan dalam keterampilan menulis tegak bersambung peserta didik kelas II SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Surakarta tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan subjek penelitian terdiri atas guru kelas dan 21 peserta didik kelas II. Objek penelitian ini berupa kesalahan-kesalahan dalam keterampilan menulis tegak bersambung. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru kelas dan peserta didik kelas II. Observasi dilakukan dalam pembelajaran menulis tegak bersambung yang sedang berlangsung di dalam kelas. Dokumentasi dilakukan dengan menganalisis kesalahan menulis tegak bersambung dalam buku halus pekerjaan peserta didik. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan aspek kesalahan yang terdiri atas kesalahan formasi huruf, jarak antar huruf dan kata, konsistensi kemiringan, ukuran dan perbandingan, keterbacaan tulisan serta kerapian hasil tulisan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kesalahan dalam keterampilan menulis tegak bersambung peserta didik kelas II terbagi menjadi 6 aspek yaitu (1) kesalahan formasi atau bentuk huruf sebesar 27%, (2) kesalahan jarak antar huruf dan kata sebesar 23%, (3) kesalahan konsistensi kemiringan huruf sebesar 5%, (4) kesalahan ukuran dan perbandingan besar kecil huruf sebesar 24%, (5) kesalahan pada keterbacaan tulisan sebesar 12%, dan (6) kesalahan pada kerapian tulisan yang dihasilkan sebesar 10%. Bentuk-bentuk kesalahan meliputi kesalahan penulisan tegak bersambung yang tidak jelas bentuknya dan penulisannya salah letak sehingga ketepatan ukuran dan formasinya tidak sesuai dengan pedoman tulisan tegak bersambung.
Kata kunci: analisis kesalahan, kesalahan menulis, keterampilan menulis tegak bersambung, sekolah dasar

×
Penulis Utama : Alfi Nisrina Nur Ahlina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115008
Tahun : 2019
Judul : Analisis kesalahan dalam keterampilan menulis tegak bersambung pada peserta didik kelas II
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M. Pd.,
2. Fadhil Purnama Adi, S. H., M. H.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.