Penulis Utama : Jaizul Wachid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8214024
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi perkerasan jalan dan pemeliharaan dengan metode analisa komponen beserta rencana anggaran biaya (rab) ruas jalan Indronoto km 0+000 – 2+000, Ngabeyan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8214024-2018
Subyek : PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI), CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR), RAB.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
 
Jaizul Wachid, 2018. Evaluasi Perkerasan Jalan dan Pemeliharaan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Indronoto, Ngabeyan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo STA 0+000 – 2+000. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Transportasi, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.  
 
Jalan Indronoto, Ngabeyan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo merupakan jalan kolektor kelas IIIA dengan panjang total 2.000 m dan lebar 6 m pada STA 0+000 – 0+900 serta 5,5 m pada STA 0+900 – 2+000 yang menghubungkan Kabupaten Sukoharjo dengan Kabupaten Karanganyar. Jalan ini merupakan jalan utama di kawasan Kartasura yang ada di kota Sukoharjo.
 
Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Indronoto ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu 50 m per segmen. Kemudian, tiap segmen jalan dilakukan pengamatan secara visual dan beberapa pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang terjadi dan melakukan penilaian tingkat kerusakan perkerasan.
 
Hasil dari pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa Retak Kulit Buaya, Retak Memanjang, Retak Blok, Tambalan, Lubang, dan Pengelupasan Lapisan, dengan nilai PCI rata-rata 50,1 yang masuk dalam kategori jelek (poor), nilai CBR (California Bearing Ratio) 90% sebesar 5,8%, nilai LER (Lintas Ekivalen Rencana) sebesar 784,138, dan nilai ITP sisa adalah 6,7. Perbaikan dilakukan berdasarkan jenis kerusakan yang terjadi, yaitu penambalan lubang, pengisian retak, dan laburan aspal setempat. Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas dan daya dukung tanah dilakukan perencanaan pelapisan ulang dengan tebal 7 cm sesuai dengan umur rencana yaitu 10 tahun. Bahan perkerasan yang digunakan adalah Laston Ms.744. Kemudian dari seluruh pekerjaan perbaikan direncanakan selama 10 minggu dan biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan mutu pada Jalan Indronoto tahun 2018 adalah Rp 2.787.197.000,00.
 
Kata kunci : PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI), CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR), RAB.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Publikasi.pdf
TA1.pdf
TA2.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik