Penulis Utama : Makarios Hanu Ardityo
NIM / NIP : I14142019
×

Abstrak
Dalam penelitian ini dibahas tentang pengaruh waktu penahanan selama proses sintering terhadap sifat fisik yaitu struktur mikro dan sifat magnetik. Pembuatan magnet permanen dilakukan dengan menggunakan teknik metalurgi serbuk berbahan Fe2O3 yang dicampur dengan BaCo3 sesuai perbandingan stoikiometri.
Serbuk besi dan barium karbonat dicampur dengan ball mill selama 6 jam dengan kecepatan 900 rpm. Serbuk selanjutnya dikalsinasi pada temperatur 1100 ºC, kemudian di ayak dengan ukuran 200 mesh. Setelah itu dikompaksi dengan tekanan sebesar 5 ton dan disintering pada temperatur 1100 ºC dengan waktu penahanan 10, 20, dan 30 menit. Selanjutnya dilakukan pengujian struktur mikro dan pengujian sifat magnetik.  
Dari hasil foto SEM terlihat perubahan ukuran kristal dan persebaran kristal yang saling berikatan karena adanya lamanya holding time yang diberikan. Kurva histeresis dari ketiga sampel memiliki nilai HC, MS dan MR yang tidak jauh berbeda karena adanya perbedaan struktur kristal yang tidak terlalu signifikan.
 
Kata Kunci : BARIUM HEXAFERRITE, HOLDING TIME, HARD MAGNETIC

×
Penulis Utama : Makarios Hanu Ardityo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I14142019
Tahun : 2017
Judul : Karakterisasi sifat fisik dan magnetik pada pembuatan magnet permanen barium hexaferrite dengan variasi holding time pada suhu sintering
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Mesin Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Mesin-I14142019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., M.T
2. Dr. Nurul Muhayat, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.