Penulis Utama : Atika Devi Meilani
NIM / NIP : K7115030
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat dengan menerapkan model Think Pair Share dengan media audio pada peserta didik kelas IV SDN Selomulyo Sleman tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan guru kelas IV SDN Selomulyo Sleman. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, deskriptif komparatif dan analisis interaktif.
Penelitian ini menggunakan lima indikator untuk mengetahui tingkat keterampilan menyimak peserta didik. indikator tersebut adalah kelengkapan unsur intrinsik, pemahaman isi cerita, pokok permasalahan, keruntutan isi cerita, dan penyelesaian masalah yang ada pada cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal saat pratindakan adalah 7,69%, meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 43,21%, meningkat lagi pada siklus II dengan dengan persentase ketuntasan klasikal 69,23%, dan meningkat lagi pada siklus III dengan persentase ketuntasan klasikal 88,46%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dengan Media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat pada peserta didik kelas IV SDN Selomulyo Sleman tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: model Think Pair Share, media audio, keterampilan menyimak cerita rakyat.

×
Penulis Utama : Atika Devi Meilani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115030
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model think pair share dengan media audio untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat pada peserta didik kelas IV SDN Selomulyo Sleman tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115030-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hartono, M.Hum.,
2. Dra. Sularmi, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.